• Kamis, 27 Januari 2022

Menuju BUMN Holding Company, Pelindo I-IV Gencar Sosialisasi Merger

- Selasa, 28 September 2021 | 02:33 WIB
Aktifitas Pelabuhan Tanjung Priok.  (Indonesiaport.co.id/)
Aktifitas Pelabuhan Tanjung Priok. (Indonesiaport.co.id/)

KATA LOGIKA - Impian besar gabungan Pelabuhan Indonesia I-IV (Persero) semakin nyata. Sosialisasi penggabungan ( merger ) dalam satu payung BUMN Holding Company gencar dilakukan. Salah satunya; sosialisasi kepada mitra kerja.

Direktur Utama Pelindo I Presetyo dalam sosialisasi melalui keberanian mengungkapkan komitmen dan optimisnya langkah terwujudnya merger empat BUMN dalam Perusahaan Induk jasa kepelabuhanan.

Kepada nomor asosiasi dan instansi terkait, Presetyo bahwa merger Pelindo I-IV merupakan tonggak perjalanan pelabuhan di Indonesia, “ Holding Company adalah rencana strategi pemerintah untuk membuat layanan pelabuhan lebih baik," ujarnya (27/9) lalu. Ia berharap, kepelabuhan nasional memiliki daya saing dengan kompetitor mancanegara.

Baca Juga: Ini Bedanya Expired Date dan Best Before pada Produk, Yuk Kita Simak..

Sementara Direktur Utama Pelindo II Arif Suhartono menilai empat BUMN kepelabuhanan memiliki karakteristik tersendiri, “Masing-masing memiliki kekuatan yang berbeda. Perbedaan ini adalah potensi kekuatan. Nilai ini akan bersinergi untuk meningkatkan konektivitas dan standarisasi pelabuhan. Terintegrasinya layanan sektor logistik,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto dan Direktur Utama Pelindo IV Prasetyadi. Mereka sepakat kelak PT Pelindo II (Persero) akan bertindak sebagai surviving entity atau perusahaan penerima penggabungan. Dengan hanya satu nama, “PT Pelabuhan Indonesia (Persero),” atau Pelindo.

Sementara Visi adalah, “Menjadi Pemimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia,” dan Misi, “Mewujudkan Jaringan Ekosistem Maritim Nasional melalui Peningkatan Konektivitas Jaringan dan Integrasi Pelayanan guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.”

Baca Juga: Dirjen Perhubungan Laut Gelar Padat Karya Serentak Di Lima UPT Jakarta, Masyarakat Sambut Gembira

Pelindo berencana akan membentuk empat klaster bisnis atau subholding untuk anak perusahaan yang dimiliki Pelindo I-IV. Subholding akan fokus pada empat kategori bisnis, yakni; Peti kemas, non peti kemas, logistik dan hinterland development, serta kategori bisnis marine, equipment, dan port services.

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: Pelindo 2

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X