• Kamis, 27 Januari 2022

Ini Gambaran Holding BUMN Kepelabuhanan, dengan Satu Nama 'PELINDO'

- Selasa, 28 September 2021 | 12:17 WIB
Aktifitas 24 jam di Pelabuhan Tanjung Priok. Bangun pelayanan maksimal.  (https://www.indonesiaport.co.id/)
Aktifitas 24 jam di Pelabuhan Tanjung Priok. Bangun pelayanan maksimal. (https://www.indonesiaport.co.id/)

KATA LOGIKA - Proses pembentukan Holding BUMN terus berlangsung. Rencana merger empat BUMN jasa kepelabuhanan, yakni PT Pelindo I,II,III, dan IV (Persero) semakin nyata. Optimisme ini tergambar saat sosialisasi melalui keberanian kepada kalangan mitra kerja Pelindo, (27/9) lalu.

Empat Direktur Utama (Dirut) Pelindo, yakni Dirut Pelindo I Presetyo, Pelindo II Arif Suhartono, Pelindo III Boy Robyanto, dan Pelindo IV Prasetyadi, menyepakati untuk memberi kepercayaan kepada PT Pelindo II (Persero) sebagai perusahaan penerima penggabungan ( surviving entity ), dengan nama baru, “PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.”

Dirut PT Pelindo II Arif Suhartono yang didaulat sebagai pemimpin menuturkan visinya, “Empat entitas BUMN kepelabuhanan memiliki kapabilitas masing-masing yang berbeda. Baik sisi finansial, sumber daya manusia, maupun pengalaman. Kita berharap perbedaan ini akan berdampak pada perbedaan output pelayanan yang diberikan,” terang Arif Suhartono.

Baca Juga: Menuju Holding BUMN BUMN, Penggabungan Sosialisasi Gencar Pelindo I-IV

Tujuan kami satu, lanjutnya, “Yakni menjadi satu BUMN kepelabuhan yang kokoh dan kokoh. Memiliki terstandarisasi, baik layanan pelabuhan maupun logistik,” tulisnya.

Komitmen kami adalah menjadi lebih baik di setiap aspek, “Kita dengan perubahan sistem,” ujarnya. Ia mencontohkan, ada beberapa pelabuhan yang belum beroperasi 24 jam, kelak akan melayani 24 jam seperti halnya pelabuhan lainnya.

Pelindo pun berencana akan membentuk empat klaster atau subholding untuk anak perusahaan yang dimiliki Pelindo I-IV berdasarkan empat kategori bisnis. Empat pilar bisnis Pelindo ke depan adalah; Bidang Bisnis Peti Kemas, Bisnis Non Peti Kemas, Bisnis Logistik dan Hinterland Development, dan Bisnis Marine, Equipment, dan Port Services.

Baca Juga: Ini Bedanya Expired Date dan Best Before pada Produk, Yuk Kita Simak..

Pasca merger, kelak bendera Pelindo akan berkibar dalam satu visi dan misi. melihat; “Menjadi Pemimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia,” dan Misi, “Mewujudkan Jaringan Ekosistem Maritim Nasional melalui Peningkatan Konektivitas Jaringan dan Integrasi Pelayanan Guna Mendukung Pertumbuhan Indonesia.” Wajah baru, dengan semangat baru. ***

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: Pelindo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X