• Selasa, 29 November 2022

Pemerintah Subsidi Sepeda Motor 3 Kali Lipat Penduduk Malaysia

- Minggu, 4 September 2022 | 22:01 WIB
Bandingkan harga BBM Indonesia dan Malaysia tidak tepat. Hal mudah bagi Malaysia mensubsidi 13 juta pengguna sepeda motor, berbeda dengan Indonesia. (katalogika)
Bandingkan harga BBM Indonesia dan Malaysia tidak tepat. Hal mudah bagi Malaysia mensubsidi 13 juta pengguna sepeda motor, berbeda dengan Indonesia. (katalogika)

 

KATA LOGIKA - Bandingkan harga BBM di Indonesia lebih tinggi dari Malaysia salah kaprah. Karena penikmat BBM subsidi ke dua negara sangat berbeda.

Hingga kini subsidi BBM untuk sepeda motor masih diberikan ke dua negara. Tapi jumlah subsidi yang diberikan jauh berbeda.

Berdasarkan data BPS (2021), jumlah sepeda motor di Indonesia sebanyak 114 juta unit. Ini lebih banyak dari penduduk Malaysia 32 juta jiwa.

Baca Juga: Harga BBM Dunia Meroket, Pemerintah Dan Rakyat Indonesia Harus Bersatu

Sementara jumlah sepeda motor di Malaysia hanya 13 juta unit. Ini pun masih lebih banyak jumlah mobil penumpang di Indonesia (juga disubsidi) sebanyak 15 juta unit.

Artinya, membandingkan harga BBM Indonesia dan Malaysia tidak tepat. Hal mudah bagi Malaysia mensubsidi 13 juta pengguna sepeda motor, berbeda dengan Indonesia.

Pemerintah mensubsidi jutaan sepeda motor, bus dan mobil pribadi dengan total 132 juta unit. Beban berat yang harus dipikul, naikkan harga BBM atau menutup defisit dengan berhutang.***

 

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BRIN Kembali Menggelar IEMS 2022

Sabtu, 11 Juni 2022 | 05:42 WIB

1 Tahun Berdiri, GoTo Rugi Rp 21,4 T

Selasa, 31 Mei 2022 | 07:06 WIB
X