• Senin, 15 Agustus 2022

Reuters Ungkap Anies Baswedan Menang Dengan Cara Politik Identitas

- Jumat, 24 Juni 2022 | 07:17 WIB
Anies Baswedan dinilai Reuters gunakan cara politik identitas untuk mengalahkan petahana Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang beragama Kristen dan etnis Tionghoa. (Reuters)
Anies Baswedan dinilai Reuters gunakan cara politik identitas untuk mengalahkan petahana Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang beragama Kristen dan etnis Tionghoa. (Reuters)

KATA LOGIKA - Media asal New York Thomson Reuters atau Reuters menuding kemenangan Anies Baswedan sebagai gubernur diraih lewat politik identitas dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Anies Baswedan dinilai Reuters gunakan cara politik identitas untuk mengalahkan petahana Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok yang beragama Kristen dan etnis Tionghoa dalam Pilkada DKI.

Dalam artikel Reuters, politik identitas yang dilakukan Anies Baswedan dengan menyebut kata ‘Pribumi’ dalam pidato kemenangan telah merusak keharmonisan persatuan di Indonesia.

Baca Juga: Kelompok Radikal dan Intoleran Dukung Anies Baswedan, Perjuangan Hidup atau Mati

“Kami orang pribumi ditindas dan dikalahkan. Sekarang, setelah kemerdekaan, saatnya kita menjadi tuan di negara kita sendiri,” kata Anies Baswedan di luar Balai Kota Jakarta, April 2017.

Reuters menyebut jika Anies Baswedan dan pendukungnya, kelompok Islam garis keras telah menumbuhkan retorika anti-Cina dan kelompok pendatang lainnya dengan sangat brutal.

Padahal, kata Reuters, Anies sendiri adalah kelompok pendatang dari suku Hadrami Yaman, yang bukan asli pribumi Indonesia.

Baca Juga: Anies Baswedan Ukir Sejarah Sebagai Gubernur Pembohong

Dukungan penuh datang dari seorang pemimpin Islam, Bachtiar Nasir sebagai juru kampanye Anies Baswedan telah membuktikan cara politik identitas yang buruk.

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Jakarta Buat Keputusan Fatal Memilih Anies

Minggu, 17 Juli 2022 | 00:43 WIB
X