• Selasa, 26 September 2023

Membangun Karakter Bangsa Melalui ASO Menuju Siaran Digital dan Internet Berkualitas

- Selasa, 31 Mei 2022 | 02:58 WIB
ASO menuju siaran digital dan teknologi jaringan internet berkualitas akan berdampak pada pembangunan karakter bangsa. Diskusi Kemenkominfo di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. (IG@uinsk)
ASO menuju siaran digital dan teknologi jaringan internet berkualitas akan berdampak pada pembangunan karakter bangsa. Diskusi Kemenkominfo di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. (IG@uinsk)

 

KATA LOGIKA - Penghentian siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) menuju siaran digital dan teknologi jaringan internet berkualitas akan berdampak pada pembangunan karakter bangsa.

Pelaksanaan ASO menuju siaran digital secara serentak pada tanggal 2 November di seluruh Wilayah Indonesia, akan membuka kemajuan teknologi jaringan berbasis internet yang berkualitas.

ASO menuju siaran digital dan teknologi jaringan internet akan membangun nilai peradaban baru. Sebuah karakter bangsa yang harmonis, terhindar dari sikap radikalisme dan intoleran.

Baca Juga: Simak, 5 Pentingnya ASO Menuju Siaran Digital Bagi Kemajuan Indonesia

Peralihan jaringan analog menuju digitalisasi tengah berjalan, diharapkan secara serentak ASO menuju siaran digital akan secara penuh terlaksana pada 2 November 2022.

Mengubah TV analog menuju siaran TV digital bukan hanya menawarkan keunggulan kualitas gambar dan suara yang sangat baik. Namun, membuka peluang kemajuan teknologi jaringan internet di Indonesia.

Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Rosarita Niken Widiastuti dalam acara diskusi ASO menuju siaran digital di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta menjelaskan perubahan besar yang akan terjadi.

Baca Juga: ASO Menuju Siaran Digital Indonesia, Wujud Komitmen Seluruh Negara Dunia

“Migrasi ASO menuju siaran digital akan membawa banyak dampak positif bagi masyarakat,” terang Niken di hadapan ratusan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga.

Ia menjelaskan, untuk siaran TV analog membutuhkan satu frekuensi. Namun dengan digital, maka satu frekuensi dapat digunakan untuk banyak siaran TV.

Efisiensi ruang frekuensi ini, kelak akan dimanfaatkan pemerintah dengan meningkatkan kualitas jaringan internet menuju 5G, “Saat ini kita menikmati 4G, sebentar lagi kita akan 5G,” ujarnya.

Baca Juga: Sosialisasi ASO Terus Berlangsung, Siaran Digital Serentak Mulai 2 November 2022

Kualitas frekuensi broadband 5G memiliki banyak keuntungan, selain kecepatan dalam internet daya tampung (big data) juga semakin besar.

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: Kemenkominfo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Garmin Body Battery? Ini Penjelasannya!

Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:48 WIB

Kenali Sinyal Tubuh Anda dengan Garmin Body Battery

Kamis, 31 Agustus 2023 | 15:34 WIB

Samsung Resmi Rilis Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Kamis, 17 Agustus 2023 | 15:16 WIB

Acer Resmi Luncurkan Laptop Baru Swift X16

Selasa, 2 Mei 2023 | 11:32 WIB

Kemajuan Teknologi Digital Dapat Mudahkan Promosi UMKM

Sabtu, 18 Februari 2023 | 13:28 WIB
X