• Selasa, 29 November 2022

Kominfo: Digitalisasi Sebuah Keniscayaan

- Rabu, 23 November 2022 | 10:22 WIB
Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti
Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti

KATA LOGIKA - Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan, semua negara di dunia, termasuk Indonesia sedang menuju ke era digitalisasi. Karena, menurutnya, digitalisasi adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari.

Demikian disampaikan Rosarita saat menjadi narasumber dalam Diskusi Publik Virtual yang digelar Kominfo RI bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan tema "Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan Seremoni Penyerahan Bantuan Set Top Box (STB) Kementerian Kominfo Bersama Komisi I DPR RI", Minggu (20/11/2022).

Rosarita mengatakan, banyak manfaat dari ASO, salah satunya pita frekuensi akan lebih optimal dan dapat digunakan untuk pemerataan infrastruktur digital dan peningkatan layanan internet.

Baca Juga: Kena Comeback, Argentina Dipermalukan Arab Saudi

"Boston Consulting Group memperkirakan manfaat dari Digital Divident dengan peningkatan internet di Indonesia, maka dalam lima tahun akan menghasilkan multiplier effect," kata Rosarita.

Ia menyebut, sebanyak 232 ribu penambahan lapangan kerja baru sebagai dampak ASO. Kemudian 118 ribu penambahan peluang usaha baru

Rosarita melanjutkan, terdapat lima urgensi digitalisasi
penyiaran antara lain, kepentingan publik untuk memperoleh penyiaran yang berkualitas, efisiensi penggunaan frekuensi guna mendukung ekonomi digital dan Industri di Era. 4.0, penataan frekuensi guna mendorong ekonomi digital dan industri di era 4.0, tersedia digital dividen untuk alokasi frekuensi broadband 5G yang akan digunakan, dan menghindari sengketa-sengketa dengan negara tetangga yang disebabkan intervensi spektrum frekuensi di wilayah-wilayah perbatasan.

Baca Juga: Bantai Iran, Inggris Kokoh di Puncak Klasemen Grup B

Kemudian terkait mekanisme pendistribusian bantuan STB untuk rumah tangga miskin, yakni pertama petugas melakukan verifikasi dan validasi KTP dan KK, calon penerima bantuan yang terdapat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
(DTKS) Kemensos.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kominfo: Digitalisasi Sebuah Keniscayaan

Rabu, 23 November 2022 | 10:22 WIB

Grand Final Asia-Pacific Predator League 2022 Berakhir

Kamis, 17 November 2022 | 14:53 WIB

ABDI Kembali Gelar DataGovAI 2022 Kelima

Kamis, 17 November 2022 | 13:41 WIB

Kenali Sinyal Tubuh Anda dengan Garmin Body BatteryTM

Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:52 WIB

Apple Watch Series 7: Menembus Dimensi Waktu

Minggu, 9 Oktober 2022 | 12:56 WIB

Samsung Puncaki Pasar Chipset Global di Kuartal Kedua

Selasa, 20 September 2022 | 16:33 WIB
X