• Rabu, 29 Juni 2022

Motor Matic Sering Kecelakaan Lalin , Ini Penyebabnya

- Jumat, 17 Juni 2022 | 18:05 WIB
Kecelakaan lalin pada motor matic karena memiliki kelemahan dalam engine brake, terutama saat jalan panjang menurun. (IG@ teambucin.prb)
Kecelakaan lalin pada motor matic karena memiliki kelemahan dalam engine brake, terutama saat jalan panjang menurun. (IG@ teambucin.prb)

 

KATA LOGIKA - Kecelakaan lalu lintas (Lalin) didominasi sepeda motor jenis matic, demikian ungkap Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno, (17.6).

Djoko Setijowarno menyatakan kecelakaan lalin banyak terjadi pada pengendara sepeda motor matic, terutama saat jalanan panjang yang menurun, “Disinilah tingkat kecelakaan sepeda motor matic sering terjadi,”ujarnya.

Djoko Setijowarno menyebut Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada Desember 2019, sebenarnya sudah menyatakan sepeda motor transmisi otomatis memiliki kelemahan dalam engine brake, “Saat turun pada lintasan panjang sangat berbahaya,” ungkapnya.

Baca Juga: Pengamat MTI: Kecelakaan Lalin Didominasi Motor Matic

Rangkaian kecelakaan lalin yang terjadi pada pengendara sepeda motor matic berdasarkan data KNKT 2020 menyebutkan kecelakaan sepeda motor sering terjadi pada ruas Bandungsari-Salem atau Gunung Lio (Bumiayu) akibatkan 13 orang meninggal, “95 persen adalah pengendara motor matic,” ujarnya.

Kecelakaan serupa terjadi di Jawa Timur. Seperti di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Probolinggo; Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen, Banyuwangi; Pendakian Gunung Buthak, Malang; Taman Wisata B-29, Lumajang, semua pengguna motor matic.

Djoko menjelaskan aparat bahkan sudah memasang spanduk peringatan bahaya menggunakan motor matic pada lintasan yang sering terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Patut Ditiru, Begini Cara Polisi Malaysia Kurangi Angka Kecelakaan Motor Kaum Remaja

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Akibat Perilaku Sombong Menurut Alkitab

Rabu, 15 Juni 2022 | 10:00 WIB

Tiga Cara Identifikasi Berita Hoax

Selasa, 7 Juni 2022 | 20:01 WIB

Tips Jitu Menghilangkan Overthinking

Sabtu, 28 Mei 2022 | 09:20 WIB
X