• Selasa, 29 November 2022

Pendidikan Indonesia: Antara Biaya, Mutu, dan Jaminan Negara

- Sabtu, 10 September 2022 | 06:56 WIB
Ilustrasi nyawa sebuah ilmu (Pinterest)
Ilustrasi nyawa sebuah ilmu (Pinterest)

 

KATA LOGIKA - Sebuah pendidikan, dapat terwujud optimal apabila dapat ditopang dengan biaya. Hal ini adalah lumrah. Bahwa yang namanya pendidikan pasti butuh biaya.

Kenapa pendidikan butuh biaya? Karena dalam prosesnya, pendidikan itu menghasilkan produk atau jasa di mana dalam pembentukannya itu memerlukan suatu unsur modal; yakni biaya.

Artinya ketika kita menghendaki pendidikan yang menghasilkan ilmu dan pengetahuan yang berkualitas, kita harus memperolehnya dengan mencurahkan biaya. Apalagi mengingat dalam proses pendidikan tersebut menghasilkan sebuah mutu yang sangat bermanfaat bagi pelaku pendidikan itu sendiri.

Baca Juga: MUI Biang Kerok Penolakan Pendirian Gereja Di Kota Cilegon

 Seperti menurut David D Curtis (2000) dalam strategi reformasi pendidikannya, ia menyatakan bahwa pendidikan itu butuh biaya. Menurutnya kesadaran mereka membayar biaya pendidikan adalah tiada lain untuk mendapatkan seberapa baik mutu produk dan jasa yang didapatkan dari proses pendidikan.

Jadi sudah jelas, pendidikan membutuhkan biaya adalah tidak lain karena adanya mutu yang dikandungnya. Oleh sebab itu maka tidak heran jika semakin tinggi mutu, semakin tinggi pula biaya pendidikan. Juga sebaliknya.

Dalam konteks dunia pendidikan Indonesia, untuk menghasilkan institusi pendidikan yang bermutu maka diperlukan biaya yang besar. Sama seperti konsep sebelumnya, di mana ada biaya, ada mutu.

Menurut Sudarwan Danim dalam Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan (2003), ketika kemampuan pemerintah Indonesia menyediakan dana pendidikan makin terbatas, maka peran masyarakatlah yang harus dirangsang ke atas, meski ada kesadaran bahwa masyarakat pun terdera secara kuat akibat krisis ekonomi.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membingkai Peradaban Islam 5.0, Antara Sains Dan Agama

Jumat, 18 November 2022 | 16:58 WIB

Politik Generasi Muda Sebagai Pelopor Perdamaian Dunia

Jumat, 18 November 2022 | 16:54 WIB

Hak dan Kewajiban dalam Berpancasila

Sabtu, 5 November 2022 | 13:10 WIB

Pengetahuan Manusia: Antara Makna dan Tingkatannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:57 WIB

Sampel Batuan Mars Diklaim Mengandung Bahan Organik

Minggu, 18 September 2022 | 16:21 WIB
X