• Selasa, 29 November 2022

Hasil Penelitian: Anak Terpapar Asap Rokok Lebih Beresiko Terkena Asma

- Senin, 19 September 2022 | 16:42 WIB
Ilustrasi anak terkena Asma (UPI.com)
Ilustrasi anak terkena Asma (UPI.com)

KATA LOGIKA - Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti American Lung Association menemukan bahwa merokok di sekitar anak membuat anak tidak sehat, bahkan bisa beresiko terkena penyakit asma.

Menurut penelitian itu, anak-anak lebih mungkin berpotensi terjangkit asma jika ayah mereka sebelumnya terpapar asap rokok saat anak-anak.

Risiko asma anak-anak semakin diperburuk jika ayah mereka sendiri juga menjadi perokok, menurut penelitian yang diterbitkan Rabu di European Respiratory Journal.

Baca Juga: Tumbangkan Lyon, Lionel Messi Jadi Pahlawan PSG

“Kami menemukan bahwa risiko asma non-alergi pada anak-anak meningkat 59% jika ayahnya terpapar asap rokok di masa kanak-kanak, dibandingkan dengan anak-anak yang ayahnya tidak terpapar. Risikonya bahkan lebih tinggi, yaitu 72%, jika ayahnya terpapar asap rokok dan terus merokok sendiri," kata peneliti Jiacheng Liu. Untuk mempelajari tentang bahaya perokok pasif, kunjungi American Lung Association .

Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan data dari Tasmanian Longitudinal Health Study (TAHS), salah satu studi pernapasan terbesar dan terlama yang sedang berlangsung di dunia.

Untuk penelitian ini, para peneliti melibatkan hampir 1.700 anak-anak yang tumbuh di Tasmania, ayah mereka dan kakek-nenek dari pihak ayah mereka.

Baca Juga: Warga Pasrah, Bu Lurah Kutip BLT BBM Rp 30.000 untuk Gerak Jalan

Tim membandingkan data apakah anak-anak menderita asma pada usia 7 tahun dengan data apakah ayah tumbuh dengan orang tua yang merokok ketika mereka berusia di bawah 15 tahun. Para peneliti juga memasukkan data apakah ayah menjadi perokok.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: upi.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membingkai Peradaban Islam 5.0, Antara Sains Dan Agama

Jumat, 18 November 2022 | 16:58 WIB

Politik Generasi Muda Sebagai Pelopor Perdamaian Dunia

Jumat, 18 November 2022 | 16:54 WIB

Hak dan Kewajiban dalam Berpancasila

Sabtu, 5 November 2022 | 13:10 WIB

Pengetahuan Manusia: Antara Makna dan Tingkatannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:57 WIB

Sampel Batuan Mars Diklaim Mengandung Bahan Organik

Minggu, 18 September 2022 | 16:21 WIB
X