• Selasa, 29 November 2022

Pengetahuan Manusia: Antara Makna dan Tingkatannya

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:57 WIB
Ilustrasi ilmuwan (Dribble)
Ilustrasi ilmuwan (Dribble)

 

KATA LOGIKA - Apa sih pengetahuan itu? Pengetahuan adalah semua sesuatu yang diketahui manusia. Itulah makna ringkas pengetahuan. Motif mendapatkannya pun ada dua; Pertama, tahu karena tidak disengaja; seperti terjatuh itu sakit. Kedua, tahu karena sengaja; contohnya seperti belajar (Ahmad Tafsir dalam bukunya Filsafat Ilmu, 2004: 4).

Saat manusia lahir dari perut ibunya, ia tidak tahu apa-apa. Namun setelah dewasa, ia menjadi tahu banyak. Pengetahuannya bertambah. Karena sudah banyak sekali yang diketahuinya selama menjalani episode dalam hidupnya.

Yang wajib diketahui, pengetahuan manusia itu memiliki tingkatan. Karena dengan mengetahui tingkatannya, kita akan memperlakukannya sesuai dengan tingkatan masing-masing. Jadi kita tidak dapat menyamaratakan derajat seluruh pengetahuan.

Baca Juga: Penerimaan Pajak Rp 1.171 Triliun, Presiden: Saya Ucapkan Terima Kasih

Berikut adalah jenis tingkatan pengetahuan manusia;
 

1.      Pengetahuan Indrawi

Menurut Poedjawijatna dalam buku Menuju Pemikiran Filsafat karya In'am Esha (2016: 12), pengetahuan jenis ini digunakan untuk menjawab rasa penasaran manusia berdasarkan pada pencerapan indrawi. Jadi pengetahuan jenis ini hanya menjawab berdasarkan apa yang dapat dirasa oleh indra manusia saja.

Misalnya ada pertanyaan apa itu hujan, maka jawaban berdasarkan pengetahuan indrawi: hujan adalah adalah air yang turun dari langit. Pengetahuan jenis ini sering digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari tanpa perlu mengetahui seluk-beluknya lebih dalam. Artinya pengetahuan indrawi ini dapat disebut dengan pengetahuan biasa. Bahkan sifatnya senantiasa tidak memuaskan.

Menurut In’am Esha (2016: 32-33), karena sifatnya tidak memuaskan inilah, pengetahuan indrawi mendorong manusia untuk mengetahui lebih lanjut, lebih mendalam. Kecenderungan ini adalah sesuatu yang wajar mengingat manusia dibekali rasa ingin tahu yang amat besar. Karena berangkat dari rasa ingin tahu inilah manusia terdorong untuk memiliki pengetahuan yang beragam.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membingkai Peradaban Islam 5.0, Antara Sains Dan Agama

Jumat, 18 November 2022 | 16:58 WIB

Politik Generasi Muda Sebagai Pelopor Perdamaian Dunia

Jumat, 18 November 2022 | 16:54 WIB

Hak dan Kewajiban dalam Berpancasila

Sabtu, 5 November 2022 | 13:10 WIB

Pengetahuan Manusia: Antara Makna dan Tingkatannya

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 07:57 WIB

Sampel Batuan Mars Diklaim Mengandung Bahan Organik

Minggu, 18 September 2022 | 16:21 WIB
X