• Senin, 15 Agustus 2022

Membuat Jamu Aman dan Sehat, BPOM Edukasi Puluhan Pedagang Jamu Gendong Kota Ambon Maluku

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 19:29 WIB
BPOM Kota Ambon beri pendampingan kepada 48 penjaja jamu gendong (14/10) lalu. (pom.go.id)
BPOM Kota Ambon beri pendampingan kepada 48 penjaja jamu gendong (14/10) lalu. (pom.go.id)

KATALOGIKA.COM - Untuk menjaga eksistensi usaha jamu gendong di Indonesia sekaligus memberdayakan UMKM, Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha (PMPU) Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik, Badan Pengawasan Obat dan Minuman (BPOM) memberikan pendampingan kepada 48 penjaja jamu gendong Kota Ambon , Provinsi Maluku (14/10) lalu.

Sebanyak 48 penjaja jamu gendong di Kota Ambon, Maluku mengikuti bimbingan teknis, “Pendampingan dalam Rangka Pemberdayaan UMKM serta Usaha Jamu Gendong Untuk Menjamin Keamanan Produk degan Memenuhi Sanitasi, Higiene dan Dokumentasi,” yang dikoordinir BPOM Ambon.

Kepala BPOM di Ambon, Prov Maluku Hermanto, saat membuka acara menyampaikan kepada komunitas jamu gendong Kota Ambon untuk menyimak materi agar dapat menyajikan jamu yang tidak hanya sehat, tapi aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Berlangsung Hikmat, Rektor Unsri Melepas 1.318 Wisuda Gunakan Manekin

Materi Paparan disampaikan dengann video conference langsung dari Jakarta dan Semarang, sedangkan untuk peserta yang mengikuti acara ini secara online tidak hanya dari kota Ambon saja, melainkan juga dari kota-kota lain seperti Jakarta, Madura, Yogyakarta, Semarang dan Sragen.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan cara membuat jamu yang baik, mulai dari pemilihan hingga pengolahan bahan baku.

Peserta juga diberikan materi terkait cara pemasaran digital jamu gendong oleh Drs. Karyanto, MM, founder Jamu Digital dan peran pemberdayaan perempuan dalam usaha jamu gendong oleh Dra. Retno Sudewi, Kepala Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah (HLN). ***

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: pom.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merasa Terlambat Meraih Sukses, Anda Wajib Baca Ini

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:53 WIB
X