• Senin, 15 Agustus 2022

Baca Juga, 6 Pendekatan Kementerian Koperasi dan UKM Merancang Koperasi Modern

- Sabtu, 13 November 2021 | 03:48 WIB
Kementerian Koperasi dan UKM ungkap enam pendekatan merancang dan membaca wajah koperasi modern. (Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi.)
Kementerian Koperasi dan UKM ungkap enam pendekatan merancang dan membaca wajah koperasi modern. (Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi.)

KATALOGIKA.COM - Kementerian Koperasi dan UKM ungkap enam pendekatan merancang dan membaca wajah koperasi modern.

Enam pendekatan dalam membaca dan merancang koperasi modern, disampaikan Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi, (12/11) lalu di Jakarta.

Zabadi mengurai rancangan dalam membaca wajah koperasi modern yang menjadi prioritas Kementerian Koperasi dan UKM dalam menghadapi tantangan baru.

Baca Juga: Kementerian Koperasi dan UKM Rancang Koperasi Modern, Strategi Masuki Tahap Permodelan

ia menegaskan jika kementerian tetap konsisten mengawal pencapaian target 500 koperasi modern pada 2024 mendatang.

Zabadi mengurai ada enam pendekatan umum untuk memodernisasi koperasi. Yakni; akses pembiayaan, fasilitasi kemitraan dan akses pemasaran, adopsi teknologi, restrukturisasi kelembagaan melalui amalgamasi, spin off atau pemekaran usaha, hingga pengembangan model koperasi multi pihak.

“Khusus pendekatan akses pembiayaan,” terang dia, kementerian siap menyalurkan dukungan pembiayaan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM).

“Pembiayaan ini ada dua skema, yakni modal kerja dan investasi,” ungkapnya. Investasi diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan pabrikasi, sedangkan di on farm, petani dapat memanfatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Untuk pendekatan fasilitasi kemitraan, koperasi didorong mendapat kepastian akses pemasaran, “Semua produk koperasi ke depan sudah ada yang menyerap, lewat kerjasama dengan swasta,” terangnya.

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: Kemenkop dan UKM

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Merasa Terlambat Meraih Sukses, Anda Wajib Baca Ini

Selasa, 21 Desember 2021 | 21:53 WIB
X