Media Indonesia Terbukti Plagiat Karya Jurnalistik Portal Kata Logika

- Kamis, 28 April 2022 | 15:46 WIB
Pencabutan berita plagiarisme oleh Media Indonesia
Pencabutan berita plagiarisme oleh Media Indonesia

KATA LOGIKA - Portal mediaindonesia.com terbukti melakukan plagiat karya jurnalistik dari Portal; katalogika.com dan mendapat hukuman dari Dewan Pers.

Media Indonesia yang tergabung dalam Media Group dinyatakan bersalah oleh Dewan Pers karena melakukan plagiat karya jurnalistik dari Portal Kata Logika.

Dewan Pers merekomendasikan Media Indonesia untuk artikel plagiat dari kata logika sesuai Pernyataan Penilaian dan Rekomendasi (PPR) Dewan Pers.

Baca Juga: Sangat Jauh Berbeda, Perbandingan Gaji Pekerja Limbah Indonesia Dibanding Negara Lain

Sebelumnya Dewan Pers mengeluarkan PPR No 12/PPR-DP/IV/2022 yang ditandatangani Ketua Dewan Pers Mohammad Nuh, tanggal 26 April 2022.

Media Indonesia dalam laman portalnya menulis; Artikel berjudul 'Keluarga Besar Al Bin Smith Mohon Maaf Atas Perbuatan Bahar', dicabut sesuai dengan keputusan Dewan Pers karena pelanggaran Pasal 2 huruf (g) Kode Etik Jurnalistik terkait plagiat.

Kronologis Peristiwa; Pada Jumat, 7 Januari 2022 Pukul 12:59 WIB, katalogika menerbitkan artikel berjudul, “Keluarga Besar Al Bin Smith Malu dan Mohon Maaf Atas Perbuatan Bahar Bin Smith.”

Baca Juga: Ditinggal Rudiger, Chelsea Siap Habiskan Dana Fantastis Demi Pau Torres

Satu hari kemudian, Pada Sabtu, 8 Januari 2022 Pukul 09:05 WIB, Media Indonesia juga menerbitkan artikel dengan judul, “Keluarga Besar Al Bin Smith Mohon Maaf atas Perbuatan Bahar. ”

Kedua artikel tersebut memiliki kesamaan yang terlihat vulgar, yang dapat dibuktikan dengan menganalisis judul, foto artikel, dan isi berita. Hampir 90% sangat mirip. Mulai paragraf pertama hingga akhir paragraf. Tanda baca, kata per kata, kalimat per kalimat. Semua sama, semua identik.

Dewan Pers lalu melakukan mediasi melalui aplikasi Zoom pada 29 Maret 2022. Hingga akhirnya diputuskan secara resmi bahwa; Berita Media karena Indonesia melanggar Pasal 2 huruf (g) Kode Etik Jurnalistik melakukan plagiat.

Baca Juga: Agar Dapat Dirasakan Seluruh Masyarakat, Baznas Salurkan Zakat Fitrah ke 34 Provinsi se-Indonesia

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panitia 1 Abad NU Undang Seluruh Masyarakat Indonesia

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:13 WIB

Lewat Ini Baznas Perkuat Silaturahmi dengan Tim Media

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:35 WIB

Relawan Tuntut Nasdem Konsisten Usung Capres Anies

Senin, 30 Januari 2023 | 00:11 WIB
X