• Kamis, 6 Oktober 2022

Cak Imin Ajak Masyarakat Dukung Migrasi TV Analog ke Digital

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:46 WIB
Diskusi publik
Diskusi publik


KATA LOGIKA - Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, melalui staf ahlinya, Achmad Maulani, meminta masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, untuk mendukung program pemerintah terkait Analog Switch Off (ASO) yang akan dilakukan pada November tahun ini.

Masyarakat, kata Cak Imin, juga perlu membantu Kementerian Kominfo dalam menyosialisasikan program tersebut.

Cak Imin, melalui Achmad Maulani menyampaikan pesan itu dalam acara Diskusi Publik Virtual yang diselenggarakan Kominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan tema "Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) dan Seremoni Penyerahan Bantuan Set Top Box (STB) Kementerian Kominfo RI bersama Komisi I DPR RI", Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: 7 Tahun Berkuasa, Jokowi Minim Perhatian pada Ibadah Agama Minoritas

"Kawan-kawan di Nganjuk perlu menyebarkan informasi mengenai pentingnya beralih dari TV analog ke TV digital kepada sanak saudara, tetangga dan semuanya," kata Cak Imin.

Ia menilai, di era global ini masyarakat harus tanggap dan cepat beradaptasi, salah satunya dengan beralih ke TV digital. Apalagi, menurutnya, Indonesia sudah sangat terlambat bersama dengan Timor Leste.

"Kalau kita tidak mengikuti perubahan itu maka kita sendiri yang akan rugi. Ini untuk percepatan ekonomi juga karena teman-teman semua bisa masuk ke ceruk-ceruk yang kosong itu untuk membuat produk-produk kreatif. Di situ makna positif dalam sisi ekonomi terkait TV digital ini," ujarnya.

Baca Juga: Ustadz Suparman: Sebut Bung Karno Penghianat Bangsa Wajib Di Pidanakan

Narasumber lainnya yakni influencer Conchita Caroline, mengatakan, program ASO ini wajib diberlakukan pada November 2022. Pasalnya, menurut dia, peraturan ini sudah digaungkan sejak dua tahun lalu.

Conchita mengungkapkan, banyak manfaat dari ASO ini, yakni meningkatkan kualitas gambar dan suara siaran televisi, mengejar ketertinggalan digitalisasi penyiaran dengan negara tetangga, digital dividen digunakan untuk peningkatan layanan internet yang mendukung transformasi digital, menumbuhkan lapangan kerja, dan penghematan spektrum frekuensi radio pada pita 700Mhz sehingga dapat digunakan untuk peningkatan kualitas layanan internet, kebencanaan, pendidikan dan kesehatan.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPN: Nama Bahtiar tertinggi Untuk Pj. Gubernur DKI

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:02 WIB

AC Milan Berpeluang Dapatin Ronaldo

Kamis, 29 September 2022 | 09:57 WIB
X