• Kamis, 6 Oktober 2022

Yukk Disimak Asumsi Kesulitan dalam Perkuliahan

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 08:45 WIB
Ilustrasi kuliah
Ilustrasi kuliah


KATA LOGIKA - Ada banyak sekali asumsi tentang dunia perkuliahan. Baik dari asumsi yang mengatakan sulit, maupun yang mengatakan mudah.

Asumsi tentang sulitnya perkuliahan, memang bersifat subjektif. Hal itu bergantung pada berbagai macam latar belakang dan lingkungan orang yang berasumsi tersebut.

Tentang asumsi-asumsi yang menyatakan kuliah itu sulit, mungkin memang benar adanya. Akan tetapi, bukan berarti mengurangi tingkat signifikansi dari perkuliahan itu.

Setelah lulus SMA, kita telah menyudahi segala euforia masa itu dan bersiap memasuki dunia nyata. Lulus SMA, berarti memasuki usia dewasa. Memasuki usia dewasa, berarti menuntut tanggung jawab yang lebih besar. Terutama tanggung jawab pribadi.

Baca Juga: Fabregas Desak Messi Balik ke Barcelona

Artinya, secara tidak langsung kita memiliki tanggung jawab yang besar kepada diri sendiri dan mulai menanyakan tujuan-tujuan diri ke depan seperti, “Mau ke mana setelah lulus SMA? Kuliah? Bekerja? Nikah? Atau mengalir saja seperti sungai deras dan bingung mau ke mana?

Di antara tujuan-tujuan itu, salah satunya ada yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Yakni kuliah. Ketika kuliah, tidak serta merta kesulitan itu usai. Justru di situlah tanggung jawab semakin besar dan tantangan mulai menghadang.

Maka tidak heran, selepas itu ada banyak sekali asumsi-asumsi yang mengatakan bahwa kuliah itu sulit, susah. Dan setelah melihat realitanya, ternyata benar, kuliah itu tak semenarik yang dilihat dan dibayangkan.

Baca Juga: Israel Kembali Gempur Gaza, Tangis Palestina Tanpa Air Mata

Seperti yang dikatakan Alvian Degdya Wibowo, seorang mahasiswa UNDIP dalam tulisannya yang berjudul kesulitan dalam berkuliah, dia menyatakan bahwa banyak orang yang berasumsi kuliah itu sulit, rumit, dan mahalnya saja sampai tidak melihat berbagai macam manfaat yang didapat, skill, serta pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPN: Nama Bahtiar tertinggi Untuk Pj. Gubernur DKI

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:02 WIB

AC Milan Berpeluang Dapatin Ronaldo

Kamis, 29 September 2022 | 09:57 WIB

Ogah Sahkan RUU Perampasan Aset, Publik: DPR Sontoloyo

Jumat, 23 September 2022 | 02:22 WIB
X