• Kamis, 6 Oktober 2022

YLKI Apresiasi Literasi Digital oleh Kemkominfo

- Senin, 8 Agustus 2022 | 14:40 WIB
Webinar
Webinar

KATA LOGIKA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengapresiasi Kemkominfo RI yang terus melakukan literasi digital kepada masyarakat, salah satunya terkait urgensi tanda tangan digital di era digital ini. Menurut anggota Pengurus Harian YLKI, Tubagus Haryo Karbyanto, literasi terkait tanda tangan digital memang sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat.

Tubagus menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber dalam Webinar Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo RI bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan "Urgensi Tanda Tangan Digital Bagi Indonesia", Minggu (7/8/2022).

"Literasi digital masyarakat sangat diperlukan bagi perkembangan era digital saat ini, termasuk tanda tangan digital," kata Tubagus.

Baca Juga: Thomas Tuchel Mohon Chelsea Rekrut Aubameyang

Ia menilai, tanda tangan digital dapat menjadi solusi pemenuhan legalitas dokumen di era digital. Selain itu, kata dia, juga bisa mengakselerasi perekonomian dan memudahkan penegakan hukum.

"Tanda tangan digital memiliki kekuatan dan akibat hukum seperti halnya manual selama memenuhi persyaratan," ujarnya.

Tubagus mengungkapkan, tanda tangan digital memiliki banyak kelebihan, di antaranya efisien, tidak bisa dipalsukan, dan menekan praktik korupsi. Adapun kelemahannya yakni tergantung pada internet dan mahal karena bersertifikasi.

Baca Juga: Mariano Diaz Ogah Tinggalkan Real Madrid

"Sebetulnya yang mana yang didefinisikan tanda tangan digital yang bisa kita pakai untuk dokumen? Ini sebetulnya yang perlu diketahui. Apakah literasi digital ke masyarakat sudah pada tahap itu?" tanya dia.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPN: Nama Bahtiar tertinggi Untuk Pj. Gubernur DKI

Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:02 WIB

AC Milan Berpeluang Dapatin Ronaldo

Kamis, 29 September 2022 | 09:57 WIB
X