• Selasa, 29 November 2022

Hati-hati! Kerusakan Mata Bisa Jadi Efek Diabetes Tipe II

- Senin, 26 September 2022 | 09:05 WIB
Kejadian pilu salah mengamputasi kaki kanan, seharusnya kiri terjadi pada perempuan lansia pengindap diabetes, sebut saja Bunda.  (Ilustrasi dokter operasi)
Kejadian pilu salah mengamputasi kaki kanan, seharusnya kiri terjadi pada perempuan lansia pengindap diabetes, sebut saja Bunda. (Ilustrasi dokter operasi)

KATA LOGIKA - Penelitian terbaru dari Maastricht University Medical Center+, di Belanda menemukan bahwa kerusakan saraf adalah efek samping yang umum dari diabetes tipe 2 dan mungkin mulai di mata jauh sebelum kondisi tersebut didiagnosis.

Dalam studi ini, para ilmuwan menggunakan neuropati, atau kerusakan saraf, di kornea mata sebagai proksi kerusakan saraf di seluruh tubuh.

Penelitian ini melibatkan hampir 3.500 orang – 21% dengan diabetes tipe 2, 15% dengan pradiabetes dan 64% tanpa kondisi keduanya – dan para peneliti mengamati saraf kornea pada ketiga kelompok.

Baca Juga: Guyon JK pada SBY: Dari Majelis di Ketinggian lalu Turun Gunung

Para peneliti menemukan bahwa jumlah kerusakan pada saraf kornea meningkat seiring dengan jumlah gangguan metabolisme glukosa.

Orang dengan pradiabetes memiliki kerusakan saraf kornea yang 8% lebih tinggi daripada mereka yang tidak menderita diabetes.

Sementara itu, mereka yang menderita diabetes memiliki kerusakan saraf kornea 8% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki pradiabetes dan 14% lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut, temuan menunjukkan.

Baca Juga: Korea Utara Bantah Jual Roket ke Rusia

Kerusakan saraf juga meningkat dengan kadar gula darah yang lebih tinggi dan dengan lamanya waktu seseorang menderita diabetes. Itu termasuk tingkat HbA1c yang lebih tinggi (tingkat gula darah rata-rata selama beberapa bulan), dan kadar gula darah dua jam setelah makan.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: upi.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hore, UMP DKI Jakarta 2023 Naik Rp 4,9 Juta

Senin, 28 November 2022 | 16:56 WIB

Refly Harun: KPU Tak Bisa Tegur Anies Berkampanye

Kamis, 24 November 2022 | 20:04 WIB

Gun Romli: Istilah Kadrun Cocok Bagi Pemuja Arab

Rabu, 23 November 2022 | 20:38 WIB
X