Selain Bantuan Pangan, Layanan Dukungan Psikososial Jadi Kebutuhan Warga Terdampak Bencana

- Jumat, 25 November 2022 | 14:59 WIB
Trauma healing untuk anak-anak korban gempa Cianjur
Trauma healing untuk anak-anak korban gempa Cianjur

KATA LOGIKA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerjunkan tim layanan dukungan psikososial ke lokasi pengungsian bencana Gempa Bumi Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kamis (24/11).

Tim layanan dukungan psikososial bersama dengan BAZNAS Tanggap Bencana, Layanan Aktif BAZNAS dan tim Zchicken memberikan layanan di Ruang Ramah Anak BAZNAS yang terletak di Posko Joglo Taman Prawatasari Cianjur, Jawa Barat, yakni posko utama pengungsian di Kabupaten Cianjur.

"BAZNAS hadir mendampingi anak-anak dan lansia melalui layanan dukungan psikososial supaya mereka pulih dari trauma pascagempa. Jika mereka sudah pulih secara mental, maka kualitas kesehatan mereka juga akan semakin baik," ujar Pimpinan BAZNAS RI Saidah Sakwan MA saat mengunjungi Layanan Dukungan Psikososial BAZNAS.

Baca Juga: Baznas Dirikan Pos Layanan Kesehatan Bantu Warga Terdampak Gempa Cianjur

Saidah berharap, korban bencana di Cianjur ini bisa tetap mendapatkan kualitas kehidupan yang baik, dimulai dari makanan, ibadah, pendidikan bagi anak-anak, dan kualitas kesehatan yang baik.

"Karena ini butuh waktu yang panjang untuk menuju recovery dan rekonstruksi. Maka layanan-layanan BAZNAS ini kita jaga, supaya kualitas kehidupan para penyintas ini bisa mendapatkan pelayanan terbaik," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pendistribusian BAZNAS RI Ahmad Fikri menyampaikan, setidaknya terdapat 40 anak yang mendapatkan Layanan Dukungan Psikososial awal di pos ruang ramah anak BAZNAS. Kegiatan diawali dengan mewarnai bersama lalu di ikuti dengan belajar doa-doa harian.

Baca Juga: RUU Perampasan Aset Koruptor Dinilai Bisa Berikan Keadilan Bagi Masyarakat

"Tim layanan dukungan psikososial juga memberikan pengetahuan bencana kepada anak-anak penyintas dengan boardgame SIAGA: Siap Tanggap Bencana, di ataranya pengenalan tas Siaga serta kelompok rentan dan lagu-lagu edukasi anak," jelasnya.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panitia 1 Abad NU Undang Seluruh Masyarakat Indonesia

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:13 WIB

Lewat Ini Baznas Perkuat Silaturahmi dengan Tim Media

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:35 WIB

Relawan Tuntut Nasdem Konsisten Usung Capres Anies

Senin, 30 Januari 2023 | 00:11 WIB
X