Cerita Panda Soal Jokowi Tak Baca Perpres, Inpres dan Keppres yang Ditandatangani

- Sabtu, 26 November 2022 | 16:14 WIB
Cerita Panda Nababan soal tanda tangan Presiden Jokowi tak baca dalam Podcast Youtube Ngaso Total Politik. (kata logika)
Cerita Panda Nababan soal tanda tangan Presiden Jokowi tak baca dalam Podcast Youtube Ngaso Total Politik. (kata logika)


KATA LOGIKA - Cerita Panda Nababan soal Presiden Jokowi tak baca Keppres dan Perpres yang ditandatangani pernah mencuat di tahun 2015.

Cerita Panda diawali pernyataan presiden dalam Sidang Kabinet; “Bahwa setiap Keputusan Presiden (Keppres), Instruksi Presiden (Inpres), dan Peraturan Presiden (Perpres), harus melalui Wapres untuk diketahui dan dibaca sebelum ditandatangani presiden,” ujar Jokowi membagi kerja.

Cerita Panda, penyataan presiden dalam rapat disampaikan secara resmi, dan diketahui seluruh menteri kabinet dan lembaga kepresidenan, termasuk JK.

Baca Juga: Cerita Panda Soal Kolega JK Sogok Susi Pudjiastuti Rp 1 Triliun

Namun dalam pelaksanaannya, Seskab Andi Widjajanto tak menjalankan keputusan rapat. Keppres, Inpres atau Perpres langsung diberikan pada Presiden tidak melalui Wapres (untuk dikoreksi).

“Presiden langsung tanda tangan. Presiden menganggap semua sudah melalui koreksi Wapres JK,”cerita Panda di Podcast Youtube Ngaso Total Politik (26/11).

Walhasil geger kejadian presiden tandatangani Peppres yang tidak dibaca, mencuat di ranah publik tahun 2015.

Baca Juga: Ini Cerita Panda Nababan Soal Niat Busuk Gatot Pada Jokowi

Panda sempat bertanya pada Seskab Andi Widjajanto (kini Gubernur Lemhanas), mengapa tak diberikan dulu ke Wapres sesuai keputusan Sidang Kabinet? Andy menjawab; “Memang betul bang, tapi itu kan tidak ada undang-undangnya,” jawab Andy ringan.

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panitia 1 Abad NU Undang Seluruh Masyarakat Indonesia

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:13 WIB

Lewat Ini Baznas Perkuat Silaturahmi dengan Tim Media

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:35 WIB

Relawan Tuntut Nasdem Konsisten Usung Capres Anies

Senin, 30 Januari 2023 | 00:11 WIB
X