Hati-hati, Penggunaan Antibiotik Berlebih Bisa Picu Penyakit Radang Usus

- Rabu, 18 Januari 2023 | 11:02 WIB
Ilustrasi obat
Ilustrasi obat

KATA LOGIKA - Hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran Grossman Universitas New York, di New York City menyebutkan bahwa penggunaan antibiotik yang berlebihan dapat memicu penyakit radang usus (IBD).

Di antara orang-orang yang berusia 40 tahun atau lebih, sebuah studi baru menemukan bahwa antibiotik dapat meningkatkan risiko penyakit usus, seperti Crohn dan kolitis ulserativa, selama satu hingga dua tahun setelah digunakan. Dan risiko terbesar ditimbulkan oleh dua kelas antibiotik - nitroimidazoles dan fluoroquinolones - sering digunakan untuk mengobati infeksi usus.

Para peneliti mengatakan obat ini tanpa pandang bulu menargetkan semua bakteri, bukan hanya yang menyebabkan penyakit.

Baca Juga: Dilirik Arsenal, Rapinha Ogah Tinggalkan Barcelona

“Antibiotik dapat berdampak pada perkembangan IBD melalui perubahan mikrobioma,” kata ketua peneliti Dr. Adam Faye. Dia adalah asisten profesor di Fakultas Kedokteran Grossman Universitas New York, di New York City.

Untuk mengurangi risiko IBD, Faye menyarankan penggunaan antibiotik hanya jika diperlukan dan bukan untuk penyakit virus seperti pilek, flu, atau penyakit pernapasan dan pencernaan lainnya.

"Kami ingin pasien membaik dengan cepat, jadi kami mungkin lebih cenderung meresepkan antibiotik di beberapa rangkaian ini, tetapi selain memperburuk pola resistensi bakteri, ini adalah alasan lain untuk mempraktikkan penatalayanan antibiotik," kata Faye.

"Dengan kata lain, gunakan antibiotik bila diperlukan, tetapi berhati-hatilah dalam meresepkannya untuk infeksi yang kemungkinan akan sembuh sendiri atau lebih mungkin bersifat virus."

Baca Juga: Kongres Ulama Islam Dunia Pesan Waspada Anies Boneka Amerika dan Eropa

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: upi.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Panitia 1 Abad NU Undang Seluruh Masyarakat Indonesia

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:13 WIB

Lewat Ini Baznas Perkuat Silaturahmi dengan Tim Media

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:35 WIB

Relawan Tuntut Nasdem Konsisten Usung Capres Anies

Senin, 30 Januari 2023 | 00:11 WIB
X