• Senin, 15 Agustus 2022

PUPR Bangun Bendungan Sepaku Semoi Guna Pengendali Banjir dan Sumber Air di IKN

- Minggu, 20 Februari 2022 | 11:45 WIB
Bendungan Sepaku Semoi terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, PUPR mempersiapkan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di IKN Provinsi Kalimantan Timur. (Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di IKN Kalimantan Timur)
Bendungan Sepaku Semoi terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, PUPR mempersiapkan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di IKN Provinsi Kalimantan Timur. (Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, di IKN Kalimantan Timur)


KATA LOGIKA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun Bendungan Sepaku Semoi sebagai pengendali banjir dan sumber air baku Ibu Kota Nusantara(IKN).

Bendungan Sepaku Semoi terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, PUPR mempersiapkan kebutuhan air baku dan pengendalian banjir di IKN Provinsi Kalimantan Timur.

PUPR menargetkan sistem pengendali bajir, Bendungan Sepaku Semoi di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku dapat beroperasi pada tahun 2023.

Baca Juga: Ini wajah Pasar Mardika Ambon, Kementerian PUPR Targetkan Revitalisasi Selesai 2023

Dalam kunjungan kerja ke Bendungan Sepaku Semoi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dengan luas genangan 280 hekteare dan kapasitas tampung 10,6 juta m3 sebenarnya sudah cukup lama direncanakan.

“Sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan. Namun dengan adanya IKN maka akan dioptimalkan untuk penyediaan air baku berkapasitas 2.500 liter/detik dan mereduksi banjir 55%,” ungkapnya.

Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi, ketersediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030.

Baca Juga: PUPR Turun Tangan, Kawasan Bandung Selatan Akan Bebas Banjir

“Ke depan kita juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu,” ujar Menteri Basuki. Saat ini, PUPR tengah membangun sistem pengendalian banjir di IKN melalui jaringan drainase.***

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: PUPR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PUPR Tuntaskan Renovasi TMII Akhir Juli 2022

Kamis, 14 Juli 2022 | 03:00 WIB

Mengenal Bendungan Sepaku Semoi IKN Nusantara

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:29 WIB

PUPR Pastikan Jalur Mudik Pantura Bebas Contra Flow

Selasa, 19 April 2022 | 19:32 WIB
X