• Rabu, 29 Juni 2022

Menteri Basuki Tinjau Bendungan Sindangheula Maksimalkan Perawatan

- Jumat, 17 Juni 2022 | 02:45 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang, Provinsi Banten, (16/6). (Kemen PUPR)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang, Provinsi Banten, (16/6). (Kemen PUPR)

 

KATA LOGIKA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meninjau Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang, Provinsi Banten, (16/6).

Menteri Basuki berpesan untuk terus melakukan pemeliharaan infrastruktur yang telah selesai dibangun, khususnya bendungan agar terjaga fungsi utamanya sebagai konservasi air.

“Pemeliharaan hingga bagian detail harus dilakukan. Termasuk pemeliharaan bangunan,” ungkap Menteri Basuki.

Pada Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian, Menteri Basuki minta agar memperhatian persoalan enceng gondok dalam pemeliharaan bendungan untuk menjaga fungsi sebagai tampungan air.

Baca Juga: 24 Balai Ditjen Cipta Karya PUPR Sepakati Komitmen Tidak Korupsi

Bendungan Sindangheula dibangun 2015, adalah bendungan yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021 dan telah difungsikan untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Memiliki kapasitas tampung 9,3 juta m3, bendungan ini dapat memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare (ha) sawah di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten.

Bendungan Sindangheula juga berfungsi untuk menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon dengan kapasitas hingga 0,80 m3/detik. ***

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: PUPR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Bendungan Sepaku Semoi IKN Nusantara

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:29 WIB

PUPR Pastikan Jalur Mudik Pantura Bebas Contra Flow

Selasa, 19 April 2022 | 19:32 WIB

Misi Nasa Ini Bisa Bikin Kaya Mendadak, Kok Bisa?

Selasa, 1 Maret 2022 | 08:35 WIB
X