Tak Hanya untuk Muslim, Produk Halal Mulai Diminati Warga Dunia

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:12 WIB
Label Halal Indonesia tidak Jawa Sentris. Penentuan label melalui proses panjang dan bisa dipertanggungjawabkan. (Label halal jawa sentris)
Label Halal Indonesia tidak Jawa Sentris. Penentuan label melalui proses panjang dan bisa dipertanggungjawabkan. (Label halal jawa sentris)

KATA LOGIKA - Seorang pejabat tinggi Institut Standar dan Metrologi untuk Negara Islam (SMIIC) mengatakan bahwa berkat standarnya yang tak tertandingi di bidang-bidang seperti kebersihan dan kesehatan, produk halal menjadi favorit orang di seluruh dunia.

Minat internasional terhadap produk halal semakin besar setiap hari, kata Mahmut Sami Sahin, Wakil Presiden SMIIC dan juga Kepala Lembaga Standar Turki (TSE), selama Pameran Halal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan KTT Halal Dunia, yang diselenggarakan di metropolis Turki, Istanbul.

Halal mengacu pada produk dan layanan yang sesuai dengan pedoman Islam, tetapi Sahin berpendapat istilah tersebut tidak boleh lagi dianggap murni agama, karena sebenarnya ini adalah area dengan volume perdagangan yang sangat besar di seluruh dunia.

Baca Juga: Mahasiswi Unsulbar Dinilai Dapat Perlakuan Tak Wajar oleh Dewan Fakultas

Pasar halal global, termasuk keuangan Islam, makanan, pariwisata, kosmetik, produk medis dan tekstil, berjumlah $7 triliun, menurut World Halal Summit Council.

Menyinggung tentang Expo dan Summit kali ini, beliau mengatakan kehadiran yang tinggi dari seluruh dunia, berkat meningkatnya minat terhadap produk halal.

Muslim sensitif tentang halal karena kebutuhan agama, katanya, menambahkan: "Orang ingin mengkonsumsi produk halal, sehingga mereka perlu mengakses produk halal."

Baca Juga: PM Malaysia Anwar Ibrahim Senang Ditelepon Presiden Jokowi Ucapkan Selamat

"Dalam kerangka kebutuhan ini, SMIIC didirikan di Turkiye pada 2010 dengan 13 negara, sebagai langkah signifikan. Standar disiapkan dalam kerangka aturan Islam," katanya.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Anadolu Agency

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Islamophobia Harus Jadi Tindak Pidana

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:36 WIB

Hamas Kutuk Kunjungan Menlu AS ke Israel

Selasa, 31 Januari 2023 | 06:46 WIB

Ratusan Migran Afghanistan Dideportasi Turki

Senin, 30 Januari 2023 | 13:52 WIB

Woww, Tingkat Kemiskinan di Israel Kian Bertambah

Rabu, 25 Januari 2023 | 08:30 WIB

Dubai Bakal Buat Masjid Cetak 3D Pertama di Dunia

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Pembongkaran Paksa Rumah di Aleppo Tewaskan 16 Jiwa

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:54 WIB

Somalia Kutuk Pembakaran Alquran di Swedia

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:29 WIB

Somalia Kutuk Pembakaran Alquran di Swedia

Selasa, 24 Januari 2023 | 07:01 WIB

Turki Kutuk Serangan Keji Teroris di Somalia

Sabtu, 21 Januari 2023 | 06:12 WIB
X