• Senin, 15 Agustus 2022

Indonesia Berpeluang Jadi Pasar Perekonomian Digital

- Minggu, 12 Juni 2022 | 16:54 WIB
Hasbi Anshory
Hasbi Anshory

KATA LOGIKA - Indonesia disebut-sebut berpeluang untuk memimpin perekonomian digital secara global. Hal itu lantaran Indonesia merupakan pasar yang besar dalam perekonomian digital selama ini.

Demikian disampaikan anggota Komisi I DPR RI, Hasbi Anshory dalam Webinar Literasi Digital yang digelar Kemkominfo bekerja sama dengan Komisi I DPR RI dengan tema "Mengembangkan Ekonomi Digital, Mewujudkan Transformasi Ekonomi Indonesia", Sabtu (11/6/2022).

"Ekonomi digital ini merupakan suatu keharusan. Siap atau tidak siap harus dijalankan. Tinggal kita mau jadi pemimpin atau hanya penonton," kata Hasbi.

Baca Juga: Bangun Karakter Bangsa Melalui Digitalisasi Informasi dan Internet Berkualitas

Hasbi mengatakan, Indonesia merupakan negara yang memiliki total penduduk terbesar keempat di dunia. Sementara, jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta atau 70,7 persen dan sebagian besar merupakan generasi Z dan milenial.

"Sehingga ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam ekonomi digital," ujarnya.

Indonesia, lanjut Hasbu, diperkirakan memiliki pasar perdagangan online formal sebesar 5 miliar dan 3 miliar perdagangan online informal. Menurutnya peta jalan digital 2021-2024 juga telah disiapkan oleh pemerintah dalam menyambut peluang ekonomi digital ini.

"Tujuannya memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan pelaksanaan serta target mempercepat akselerasi transformasi digital Indonesia. Telah dipetakan 100 inisiatif dalam 10 sektor seperti transformasi pariwisata digital, perdagangan digital, jasa keuangan digital dan lain-lain," lanjut Hasbi.

Baca Juga: Barcelona Tolak Tawaran Awal MU untuk De Jong

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X