• Rabu, 29 Juni 2022

Anggota Komisi I DPR Ajak Generasi Muda Berperan Bela Negara

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:57 WIB
Anggota komisi 1 DPR RI  H. SUBANA
Anggota komisi 1 DPR RI H. SUBANA

KATA LOGIKA - Anggota Komisi I DPR RI, Subarna, mengajak kepada generasi muda atau milenial untuk turut berperan aktif dalam membela negara. Menurutnya, beragam cara bisa dilakukan oleh para generasi muda untuk berpartisipasi dalam upaya bela negara.

Subarna menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber dalam Webinar Forum Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Kemenkominfo RI dengan tema "Bela Negara", Selasa (22/6/2022).

"Bela negara adalah sikap perilaku warga negara yang didasarkan pada kecintaan kita kepada NKRI," kata Subarna.

Ia menjelaskan, kewajiban dalam membela negara juga tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945, di mana tiap-tiap warga negara berhak dan berkewajiban untuk turut dalam membela negara.

Baca Juga: Arkeolog Israel Temukan Artefak Masjid Tertua di Dunia

"TNI dan Polri adalah unsur utama dalam bela negara. Tapi kita juga harus turut serta karena dijiwai oleh kecintaan kepada negara," ujarnya.

Apabila seluruh komponen bangsa berperan aktif dalam upaya bela negara baik fisik maupun non fisik, lanjut Subarna, maka akan mengurangi ancaman dari negara lain.

"Maka mari kita tingkatkan rasa cinta kita kepada negara," tegasnya.

Narasumber lainnya, Guru Besar Fisip Unair, Henri Subiakto, mengatakan, kalangan milenial bisa berperan aktif dalam bela negara melalui media sosial. Menurutnya, media sosial saatnya sudah seperti medan perang, di mana banyak bertebaran berita palsu di dalamnya.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenderal Andika Berikan Ruang Bagi Keturunan PKI?

Kamis, 31 Maret 2022 | 13:16 WIB
X