• Senin, 15 Agustus 2022

Subarna: Pentingnya Sadar Hukum dalam Berinteraksi di Ruang Digital

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 03:46 WIB
Anggota DPR RI, H. Subarna
Anggota DPR RI, H. Subarna

KATA LOGIKA - Anggota Komisi I DPR RI, Subarna, mengatakan, kesadaran hukum adalah hal yang penting dalam berinteraksi sosial, termasuk di ruang digital. Bahkan, menurutnya, kesadaran hukum akan menciptakan harmonisasi dalam bermasyarakat di era digital.

Subarna menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber dalam Webinar Diskusi Publik Virtual yang diselenggarakan oleh Komisi I DPR RI bekerja sama dengan Kemenkominfo RI dengan tema "Sadar Hukum", Kamis (23/6/2022).

"Kesadaran hukum sangat penting untuk menciptakan harmonisasi dalam bermasyarakat. Kesadaran hukum adalah kesadaran diri kita sendiri untuk selalu tunduk dan patuh terhadap segala peraturan," kata Subarna.

Menurut Subarna, penegakan hukum yang konsisten bukan hanya berjalan karena pemerintah, tapi juga masyarakat. Sehingga, dirinya berharap masyarakat memiliki kesadaran hukum yang tinggi.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR Ajak Generasi Muda Berperan Bela Negara

"Penegakan hukum yang adil dan konsisten di era digital ini membuat negara semakin maju. Sebab hukum bisa mencegah permasalahan yang negatif," ujarnya.

"Kesadaran hukum juga dimaknai kesadaran orang atau kelompok orang, juga di media sosial. Contohnya adalah dengan menaati peraturan yang berlaku di media sosial, saling menghormati dan menghargai dalam berinteraksi di media sosial," ucap Subarna.

Selain itu, kata dia, memahami UU ITE dalam menggunakan media sosial juga penting. Kemudian juga dengan membuat konten-konten yang bermanfaat yang isinya mengajak masyarakat taat hukum

"Kita sebagai pengguna media sosial harus sadar hukum bahwa segala aktivitas kita di media sosial selalu diawasi oleh UU ITE," katanya.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X