• Kamis, 6 Oktober 2022

Tidur Nyenyak Bikin Otak Makin Cerdas

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:55 WIB
Ilustrasi tidur (foto:klikdokter)
Ilustrasi tidur (foto:klikdokter)

KATALOGIKA.COM - Tidur yang nyenyak dan cukup penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan otak yang optimal. Dalam hal kesehatan, tidur sama pentingnya dengan olahraga teratur dan makanan yang seimbang. Berikut adalah hal yang sama pentingnya, bukan?

Tidur adalah aktivitas terpenting manusia yang dapat memberikan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Tidur itu penting karena menjadikan tubuh menjadi bugar, otak optimal, dan kesiapan untuk menghadapi aktivitas selanjutnya.

Dalam pandangan banyak peneliti, bukti menunjukkan bahwa berbagai tahap tidur terlibat dalam proses pembentukan ingatan dan kesadaran, serta dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk belajar. Lalu, bagaimana dengan mereka yang sering begadang?

Baca Juga: PUPR Poles Daerah Irigasi Bendung Glapan di Grobogan dan Demak

Menurut Harvard Medical School, dampak kurang tidur akibat begadang memberikan dampak yang cukup terhadap pembelajaran dan memori. Ketika kita kurang tidur, fokus, perhatian, dan kewaspadaan kita melayang, sehingga sulit menerima informasi. Tanpa tidur dan istirahat yang cukup, neuron (sel saraf yang mengirim dan menerima sinyal dari otak) yang bekerja tidak dapat lagi bekerja untuk mengoordinasikan informasi yang benar, dan kita kehilangan kemampuan untuk mengakses informasi yang sebelumnya dipelajari.

Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan kita kehilangan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat (karena kurang tidur membuat kita tidak akurat dalam menilai situasi), tidak dapat merencanakan dengan tepat, neuron tidak optimal, otot tidak beristirahat, sistem organ tubuh tidak sinkron, dan gangguan suasana hati. Yang jelas semuanya itu berdampak pada belajar dan pekerjaan kita. itu cukup mengganggu?
Lalu, apa hubungan antara tidur nyenyak dengan otak yang cerdas?

Baca Juga: Perbaiki Jalan Perumahan di Sulawesi Utara, PUPR Gulirkan Program Padat Karya

Tidur dan Otak

Seperti yang dikatan Marie-Pierre St-Onge, seorang profesor di Universitas Columbia di New York City, “Tidur sangat berperan dalam fungsi kognitif, ketajaman mental, dan kemampuan untuk berkonsentrasi dan mempelajari hal-hal baru.” Selama tidur, otak Anda menangani informasi yang diterima di siang hari. Dengan tidur, otak Anda dapat mengkonsolidasikan ingatan dan membersihkan amiloid pembentuk plak dan protein yang terkait dengan penyakit Alzheimer.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

YOU Beuaty Luncurkan Amino Low pH Cleansing Mousse

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:33 WIB

Pertama di Indonesia, YOU Beauty Luncurkan NFT Art

Jumat, 30 September 2022 | 22:55 WIB

Film The Woman King Puncaki Daftar Box Office Amerika

Senin, 19 September 2022 | 06:53 WIB
X