• Kamis, 6 Oktober 2022

Yuk Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Flu

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 13:49 WIB
Ilustrasi flu (foto: alodokter)
Ilustrasi flu (foto: alodokter)

KATALOGIKA.COM - Flu adalah virus infeksi yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penyakit ini umumnya terjadi di musim pancaroba. Flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menular pada orang lain. penderita flu biasanya akan mengalami beberapa komplikasi. Seperti demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat.

Penyakit ini rasanya tidak asing bagi seluruh kalangan. Baik muda ataupun tua pernah merasa pernah merasakan penyakit ini pada saat-saat tertentu. Flu adalah penyakit ketika menular kepada orang lain, terutama 3-4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus. Bahkan dalam beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul. Suatu kondisi yang benar-benar harus diwaspadai.

Gejala flu dapat muncul dengan cepat pasca virus masuk ke dalam tubuh hingga butuh waktu beberapa hari. Saat pertama menyerang flu, pengidapnya akan mengalami keluhan seperti rasa sakit tenggorokan, bersin, pilek, hingga nyeri di beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Minum Air Putih Mampu Tingkatkan Kinerja Otak

Pada umumnya, gejala-gejala yang timbul pada setiap pengidap adalah: demam, batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan pegal-pegal.
Flu yang disebabkan oleh virus influenza yang mudah menular.

Sering terjadi saat seseorang tidak sengaja membuat air liur di udara, seperti bersin atau batuk yang dikeluarkan penderita. Dalam masalah penyebab, kontak langsung dengan penderita juga menjadi pemicu penting. Seperti menyentuh benda-benda yang terkontaminasi, berbagi peralatan, dan juga sentuhan.
Contohnya seperti berjabat tangan.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa flu adalah virus infeksi yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang disebabkan karena sentuhan benda atau kontak langsung dengan penderita yang menyebabkan flu menular, saat musim pancaroba.

Baca Juga: DANA Connect Merangkul Pelaku Bisnis Batik Melalui Akselerasi Dunia Digital

Kita dapat mengambil tindakan pencegahan dalam mengatasi penyakit flu seperti dengan mencuci tangan, mendisinfeksi barang-barang, menutup batuk, memakai masker, menjaga kebersihan, dan melakuan pengobatan seperti istirahat yang cukup, minum obat flu, dan mengonsumsi banyak makanan. minuman yang mengandung vitamin c.***

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: KKB dan KKSB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

YOU Beuaty Luncurkan Amino Low pH Cleansing Mousse

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:33 WIB

Pertama di Indonesia, YOU Beauty Luncurkan NFT Art

Jumat, 30 September 2022 | 22:55 WIB

Film The Woman King Puncaki Daftar Box Office Amerika

Senin, 19 September 2022 | 06:53 WIB
X