• Kamis, 6 Oktober 2022

Kehadiran Mahfud MD Di Kasus Lukas Enembe Sesuai Perpres 73 Tahun 2020

- Rabu, 21 September 2022 | 01:54 WIB
kehadiran Mahfud MD sebagai Menko Polhukam memiliki tugas yang sudah diatur berdasarkan perundang-undangan. (katalogika)
kehadiran Mahfud MD sebagai Menko Polhukam memiliki tugas yang sudah diatur berdasarkan perundang-undangan. (katalogika)

 

KATA LOGIKA - Menko Polhukam Mahfud MD menjawab pertanyaan kehadirannya dalam kasus Gubernur Papua Lukas Enembe (20/9).

Dijelaskan, kehadiran Mahfud MD sebagai Menko Polhukam memiliki tugas yang sudah diatur berdasarkan perundang-undangan. Termasuk dalam kasus Gubernur Papua Lukas Enembe.

Sebagai Menko Polhukam dan Ketua Komisi Nasional Tindak Pidana Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme (Komnas TPPU-PT), Mahfud MD wajib hadir.

Baca Juga: Sulit Dibayangkan Kasus Ferdy Sambo Tanpa Mahfud MD

Berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Perpres No 73 Tahun 2020, tugas Kemenko Polhukam adalah menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, serta pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintah di bidang politik, hukum, serta keamanan.

Seperti saat pengumuman perihal kasus Lukas Enembe, Menko Polhukam melakukan koordinasi dan sinkronisasi antar lembaga, yakni KPK dan PPATK.

Bahkan dalam Pasal 3, disebut bahwa penyelesaian isu di bidang politik, hukum, dan keamanan yang tidak dapat diselesaikan atau disepakati, antar kementerian atau lembaga. Maka Menko Polhukam wajib memastikan penyelesain dapat dilaksanakan.

Artinya, kehadiran Menko Polhukam Mahfud MD dalam penyelesaian kasus Gubernur Papua Lukas Enembe sudah tepat dan sesuai tugas pokok yang diatur peraturan perundang-undangan. ***

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Pranowo Simbol Rakyat Indonesia

Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:19 WIB

Nasib PKS dan Demokrat: Dulu Berjasa Kini Pecundang

Selasa, 4 Oktober 2022 | 02:07 WIB

Nasdem Buktikan Partai Paling Busuk Di Indonesia

Senin, 3 Oktober 2022 | 23:16 WIB

Manuver Majalah Tempo Menjegal Kerja KPK

Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:42 WIB
X