• Selasa, 29 November 2022

Bukan Legowo, Soeharto Lengser Dikhianati Orang Kepercayaan

- Kamis, 29 September 2022 | 11:45 WIB
Lima pimpinan MPR berbalik meminta Soeharto lengser. Inilah pengkhianatan nyata dalam sejarah Indonesia. Bukan mundur  karena legowo. (katalogika)
Lima pimpinan MPR berbalik meminta Soeharto lengser. Inilah pengkhianatan nyata dalam sejarah Indonesia. Bukan mundur karena legowo. (katalogika)

 

KATA LOGIKA - Mantan Presiden Soeharto lengser setelah dikhianati partai dan militer, bukan karena sikap legowo demi keutuhan bangsa.

Soeharto lengser karena dikhianati. Karena sebelumnya 8 Maret 1998, lima pimpinan MPR meminta Soeharto untuk bersedia jadi presiden kembali. Dia setuju.

Pasca Soeharto dikukuhkan sebagai Presiden Periode 1998-2003 dalam Sidang Umum MPR, 11 Maret 1998. Rakyat menolak, mahasiswa bosan dan bergerak.

Baca Juga: Publik Tuntut MUI Bubar, Gus Mus: MUI Itu Warisan Soeharto

Mendapat tekanan besar mahasiswa reformasi 1998, lima Fraksi MPR yang sebelumnya mendukung berbalik badan. Yakni; PPP, Golkar, PDI, Utusan Daerah dan ABRI.

Saat Soeharto menyusun kabinet pun orang kepercayaan menolak duduk sebagai menteri. Ia bukan lengser karena sikap legowo. Tapi ditinggalkan dan dikhianati kawan sejawat.

Pada 21 Mei 1998, Soeharto akhirnya mengundurkan diri. Tanpa kabinet yang sempat tersusun. Dia dikhianati bukan lengser karena legowo.***

 

Halaman:

Editor: Ade Kurniawan

Sumber: KATA LOGIKA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi: Kita Tidak Takut Pada Negara Manapun

Sabtu, 26 November 2022 | 11:03 WIB
X