Terkait Amazon: Ilmuwan Temukan Kota Kuno Canggih yang Tak Masuk Akal

- Rabu, 1 Juni 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi logo Amazon (Barca.co.id)
Ilustrasi logo Amazon (Barca.co.id)

Kata Logika - Para peneliti menggunakan pemindaian Lidar untuk mengungkap jejak peradaban maju yang tersembunyi di bawah pepohonan yang lebat di Amazon.

Kota kuno ini mengungkapkan pendekatan canggih dari arsitektur dan perencanaan kota yang tak masuk di akal.

Sebuah tim peneliti internasional, yang dipimpin Profesor Jose Iriarte dari Universitas Exeter, telah menemukan pemukiman canggih di hutan sabana Llanos de Mojos, Bolivia, beberapa di antaranya berisi "piramida" berbentuk kerucut setinggi 70 kaki.

Permukiman ini juga menampilkan sistem irigasi yang kompleks dan teras besar seluas 22 hektar - setara dengan 30 lapangan sepak bola.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Ciri Kecanduan Media Sosial

Kota-kota, ini sendiri diprediksi dibangun oleh Suku Casarabe antara tahun 500 dan 1400 M, dan suku ini sendiri telah hilang selama berabad-abad tahun lalu.

“Kami telah lama menduga bahwa masyarakat pra-Columbus yang paling kompleks di seluruh lembah berkembang di bagian Amazon Bolivia ini, tetapi buktinya tersembunyi di bawah pepohonan yang sulit untuk dilihat secara langsung,'' tutur Jose seperti dilansir Daily Star Selasa (31/5/2022).

“Kami menemukan kota canggih menggunakan, teknologi Lidar terungkap di kota itu terdapat teras, jalan lintas lurus, pos pemeriksaan, dan reservoir air. Ada struktur monumental yang hanya berjarak satu mil yang dihubungkan oleh kanal sepanjang 600 mil yang menghubungkan situs, waduk, dan danau,'' tambahnya.

Baca Juga: Sorak Sorak Bergembira, Rakyat Menyambut Presiden Joko Widodo

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Peristiwa Sejarah 10 Oktober

Senin, 10 Oktober 2022 | 20:13 WIB

Antara Filsafat, Tuhan, dan Iman

Minggu, 9 Oktober 2022 | 06:42 WIB

Pemahaman Sebenarnya Tentang Keluarga di Indonesia

Minggu, 17 Juli 2022 | 09:06 WIB

Kesadaran Eksistensial Berindonesia

Jumat, 3 Juni 2022 | 22:10 WIB
X