• Kamis, 6 Oktober 2022

Tahukah Anda, Ada Pulau Titik Terluar Diatas Sabang, Talaud, Merauke dan Rote

- Senin, 6 Juni 2022 | 10:46 WIB
Ilustrasi wilayah Indonesia (foto: istock)
Ilustrasi wilayah Indonesia (foto: istock)

KATA LOGIKA - Selama ini kita hanya mengetahui lewat lagu nasional, bahwa pulau paling terluar paling barat Indonesia adalah 'Sabang' dan pulau terluar paling timur Indonesia adalah 'Merauke', pulau terluar paling utara adalah 'Talaud' serta pulau terluar paling Selatan adalah 'Timor'.

Tetapi tahukah anda setelah kita melihat peta secara teliti maka nama pulau 'paling barat' pada wilayah Indonesia adalah 'Pulau Rondo' berbatasan langsung dengan Pulau Nikobar India berjarak 150 km, berjarak 58 Km dari lepas pantai pulau Sumatera atau 15,6 Km dari Pulau Sabang yang dapat ditempuh 2 jam perjalanan dengan kapal/perahu ukuran sedang, luas pulau 50 Hektar, sudah ada fasiltas mercusuar dan beberapa unit rumah yang dihuni oleh petugas penjaga mercusuar dan dijaga Kesatuan Marinir TNI sebagai pengaman garis batas wilayah kedaulatan Negara RI.

Pulau 'paling timur' pada wilayah Indonesia adalah 'Pulau Bras', termasuk dalam propinsi Papua dengan luas 309 hektar yang kaya akan biota laut seperti teripang, lobster, penyu dan ketam kenari (umang-umang seperti kepiting), dekat dengan Negara Republik Palau yang hanya berjarak 390 mil di Samudera Pasifik dan sudah ada fasilitas mercusuar dan dijaga Kesatuan Marinir TNI.

Baca Juga: Pemerintah Dan Lembaga Penyiaran Pastikan Kebutuhan STB Bagi Warga Miskin

Pulau 'paling utara' pada wilayah Indonesia adalah 'Pulau Miangas' dengan luas 3,2 Km2, yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan Filipina, dapat ditempuh 2 jam dengan menggunakann pesawat dari Kota Manado (1x dalam seminggu, disetiap hari Minggu), berpenduduk 1000 jiwa, masuk dalam kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Pulau 'paling selatan' Indonesia adalah 'Pulau Ndana', seluas 1400 hektar, yang berbatasan langsung dengan Australia, disana terdapat mercusuar dan patung Jenderal Sudirman serta danau merah serta dijaga oleh Kesatuan Marinir RI.

Termasuk kedalam wilayah Rote yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, luas pulau Rote 1200 Km2, Berpenduduk sekitar 120.000 Jiwa, banyak ditumbuhi tanaman pohon lontar, kelapa dan jambu mete serta mayoritas penduduk berternak babi.

Baca Juga: DPR Ingatkan Ingatkan Peruri Buat Kebijakan Tindaklanjuti Kasus Cukai Palsu

Pulau-pulau diatas ini tentunya selain indah dan kaya akan biota lautnya, juga sebagai pulau tapal batas/garis batas resmi wilayah Negara Indonesia dengan negara asing serta pintu awal masuk ke perairan Indonesia dari total '17.000 pulau' yang tersebar diseluruh perairan wilayah Indonesia.***

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemahaman Sebenarnya Tentang Keluarga di Indonesia

Minggu, 17 Juli 2022 | 09:06 WIB

Kesadaran Eksistensial Berindonesia

Jumat, 3 Juni 2022 | 22:10 WIB
X