Pemahaman Sebenarnya Tentang Keluarga di Indonesia

- Minggu, 17 Juli 2022 | 09:06 WIB
ilustrasi keluarga
ilustrasi keluarga

KATA LOGIKA - Banyak sekali pemahaman tentang keluarga yang kurang dimengerti oleh sebagian besar masyarakat di negara-negara berkembang seperti Indonesia. Pertumbuhan penduduk yang meningkat kurang sejalan dengan pemerataan kesejahteraan individu dan masyarakat, pemerataan pembangunan dan sarana infrastruktur yang merupakan factor pertumbuhan perekonomian dan perkembangan dinamika kebudayaan, peradaban manusia.

Menelusuri kutipan singkat berdasarkan https://id.m.wikipedia.org (Wikipedia) “KELUARGA adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.”

Bahan legitimasi yang memperkuat Keluarga yang merupakan bagian lembaga, bahwa “Berdasarkan Undang-undang 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Bab I Pasal 1 Ayat 6, pengertian Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri; atau suami, istri dan anaknya; atau ayah dan anaknya (duda), atau ibu dan anaknya (janda).”

Baca Juga: Atasi Krisis Listrik, Jepang Aktifkan Kembali 9 Reaktor PLTN

Sebuah keluarga yang kurang berfungsi di dalam masyarakat dan lingkungan dapat dikategorikan secara langsung sebagai sebuah keluarga yang hancur (Broken Home). Hal ini disebabkan kurangnya peranan yang berlaku didalam keluarga sebagaimana dikutip yaitu “Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.”

Selanjutnya indikasi-indikasi dibawah juga merupakan kutipan yang signifikan bagi dampak keluarga dan pemahamannya.

Pada dasarnya ada delapan tugas pokok keluarga sebagai berikut :

1. Pemeliharaan fisik keluarga dan para anggotanya.

2. Pemeliharaan sumber-sumber daya yang ada dalam keluarga.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Peristiwa Sejarah 10 Oktober

Senin, 10 Oktober 2022 | 20:13 WIB

Antara Filsafat, Tuhan, dan Iman

Minggu, 9 Oktober 2022 | 06:42 WIB

Pemahaman Sebenarnya Tentang Keluarga di Indonesia

Minggu, 17 Juli 2022 | 09:06 WIB

Kesadaran Eksistensial Berindonesia

Jumat, 3 Juni 2022 | 22:10 WIB
X