Antara Filsafat, Tuhan, dan Iman

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 06:42 WIB
Ilustrasi pohon (Wallpaper Abyys)
Ilustrasi pohon (Wallpaper Abyys)

KATA LOGIKA - Filsafat adalah ilmu yang yang harus dihindari oleh orang-orang yang beriman, karena dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya Tuhan. Kira-kira begitulah streotype yang berkembang dan meluas tetap di kalangan masyarakat dan agamawan.

Namun benarkah demikian? Apakah streotype filsafat yang membuat orang menjadi tidak beriman benar-benar bisa dibenarkan? Tampaknya hal itu merupakan kekeliruan. Bahkan sebuah masalah.

Memang tidak dimungkiri, dalam tataran tertentu filsafat memang dapat membuat manusia mempertanyakan dan menandingi kekuasaan dan eksistensi Tuhan. Tapi walau begitu, bukan berarti filsafat haram dipelajari.

Baca Juga: Suparji Ahmad Bukan Ahli Pidana Korupsi, Tak Etis Komentari Formula E

Jika pun filsafat membuat orang bisa sampai pada taraf tersebut, tentu saja yang salah bukan filsafat sebagai ilmu, tapi subjek yang mempelajari dan membuat filsafat menjadi alat untuk mempertanyakan bahkan menandingi Tuhan itulah yang patut bertanggung jawab atas apa yang menjadi hasil pemikirannya (Hendra HS dalam pengantar bukunya Berpikir ala Filosof).

Jadi jelas, yang bermasalah bukan ilmunya. Tetapi subjeknyalah yang patut bertanggung jawab/bermasalah. Jadi bisa disimpulkan, kita tidak dapat menggeneralisasi suatu kasus yang sepenuhnya tidak bersifat benar dan pasti.

Bicara tentang filsafat, menurut Hendra Halomoan Sipayung (2009: 21), adalah suatu usaha untuk menjawab pertanyaan yang bersifat menyeluruh tentang manusia, alam dan Tuhan untuk sampai kepada hal yang sangat mendasar. Filsafat turut membantu kita dalam memaknai segala sesuatu yang ada di sekeliling kita termasuk keberadaan kita sendiri secara utuh dan mendasar.

Baca Juga: Takut Kena Denda, Atletico Madrid Akhirnya Permanenkan Griezmann

Sederhananya, ketika kita berusaha menjawab berbagai pertanyaan tersebut tanpa mendasarkannya pada keyakinan dogmatis, di situlah tanda bahwa kita telah berfilsafat.

Halaman:

Editor: Alibas

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sederet Peristiwa Sejarah 10 Oktober

Senin, 10 Oktober 2022 | 20:13 WIB

Antara Filsafat, Tuhan, dan Iman

Minggu, 9 Oktober 2022 | 06:42 WIB

Pemahaman Sebenarnya Tentang Keluarga di Indonesia

Minggu, 17 Juli 2022 | 09:06 WIB

Kesadaran Eksistensial Berindonesia

Jumat, 3 Juni 2022 | 22:10 WIB
X